Efek Placebo dari Kinesio Tape

Manfaat Kinesio Tape Hanya Sugesti Belaka?

Pernahkah anda melihat plester warna-warni yang seringkali digunakan para atlet? Yap, saya pribadi biasa menyebut plester warna-warni ini dengan sebutan ‘Koyo Atlet’. Akhir-akhir ini ternyata saya baru mengetahui jika koyo tersebut bernama ‘Kinesio Tape’. Sebelum informasi tentang koyo atlet ini banyak beredar di internet, banyak sekali spekulasi tentang apa sebenarnya tujuan dibuatnya plester khusus untuk atlet ini. Namun apa sebenarnya fungsi si ‘Koyo Warna-Warni’ ini?

Kinesio Tape, Apa Itu?

Kinesio Tape bermanfaat untuk mengatasi cedera otot ringan

Kinesio Tape bermanfaat untuk mengatasi cedera otot ringan

Kinesio Tape adalah plester elastis yang diperuntukan bagi yang mengalami cedera otot ringan. Koyo warna-warni ini biasanya digunakan oleh para atlet atau orang-orang yang sering melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Pada awalnya saya mengira jika Kinesio Tape ini merupakan produk baru dalam industri olahraga, khususnya sepakbola atau futsal. Namun setelah menemukan sumber tentang sejarahnya, saya cukup kaget. Mengapa? Karena ternyata teknologi Kinesio Tape ini sudah mulai dikerjakan sejak tahun 1979.

Pencetus ide dari Kinesio Tape ini adalah seorang Ahli Chirporactor dari Jepang yang bernama dr.Kenzo Kase. Dan saya pun semakin mengerti mengapa koyo ini dinamakan Kinesio Tape. Saya beranggapan bahwa nama Kinesio berasal dari kata Kinesiology, mengingat dr. Kenzo Kase yang seorang chiropractor. Sebenarnya pada masa awal Kinesio Tape ini diciptakan, plester ini diperuntukan bagi para pesumo untuk mencegah rasa nyeri otot.

Popularitas Kinesio Tape semakin menanjak ketika atlet dari cabang olahraga lain mulai menggunakannya. Karakteristik plester yang elastis dan mengikuti kontur tubuh membuat si koyo warna-warni ini menjadi idola di kalangan para atlet. Buntut dari respon positif masyarakat ini, pada 1980 mulai banyak berdiri perusahaan yang memproduksi Kinesio Tape ini.

Produksi massal mempengaruhi masalah kualitas dari Kinesio Tape itu sendiri. Oleh karena itu pada 1984 terbentuklah Kinesio Taping Association sebgai lembaga pendidikan bagi mereka yang ingin memperoleh gelar resmi sebagai ahli Kinesio Tape yang resmi. Bagi individu atau perusahaan yang ingin memproduksi Kinesio Tape, maka mereka harus mendapatkan sertifikat dari Kinesio Taping Association ini.

Efek Kinesio Tape, Ampuh atau Sugesti?

Manfaat Kinesio Tape Hanya Sugesti Belaka?

Manfaat Kinesio Tape Hanya Sugesti Belaka?

Fenomena menjamurnya Kinesio Tape di kalangan penikmat olahraga atau khususnya atlet ternyata tak sepenuhnya memperoleh kesan positif. Secara umum, respon dari para pengguna memang tidak menunjukkan adanya pengaru negatif dari penggunaan Kinesio Tape ini. Para konsumen malah mengaku merasa terbantu dengan adanya Kinesio Tape sebab dapat berguna sebagai pertolongan pertama bahkan perawatan untuk cedera ringan.

Namun tampaknya tidak semua orang terpengaruh akan manfaat dari Kinesio Tape ini. Malah beberapa ahli seperti Direktur Ilmu Olahraga di Universtas Bedfordshire, John Brewer mengaku skeptis terhadap kegunaan si koyo warna-warni ini. Pria tersebut beranggapan bahwa efek yang diberikan Kinesio Tape hanyalah sekedar Efek Placebo belaka.

Taukah anda apa itu Efek Placebo? Jika anda ingat fenomena Gelang Power Balance, mestinya anda sudah mendapatkan gambaran tentang apa itu Placebo. Ya, Efek Placebo adalah semacam pengaruh yang kita terima akibat sugesti terhadap sesuatu yang kita makan, minum atau gunakan, seperti contoh kasus Power Balance tadi. Sampai akhirnya sang penemunya sendiri yang menyebutkan bahwa efek keseimbangan yang diberikan produknya tersebut hanyalah sugesti belaka.

Apakah Kinesio Tape juga merupakan produk yang memiliki efek serupa dengan Power Balance? Hingga saat ini belum ada pernyataan maupun hasil penelitian yang membuktikannya. Namun, selama tidak memberikan efek samping yang merugikan bagi tubuh kita, saya rasa aman-aman saja untuk menggunakan Kinesio Tape ini. Jadi, semua kembali kepada keyakinan masing-masing.

Tips Latihan Fisik Untuk Futsal Dengan Kutus Kutus

Latihan fisik sederhana untuk meningkatkan ketahanan

Bermain futsal bagi pemula memang terasa sedikit berat. Tempo permainan yang jauh lebih cepat dan frekuensi perpindahan bola dari kaki ke kaki yang lebih tinggi membuat para pemula sedikit kesulitan mengimbangi irama permainan futsal ini. Oleh karena itu dalam permainan futsal latihan fisik sangatlah diperlukan demi mencapai kondisi optimal saat turun ke lapangan.

Pentingnya Latihan Fisik dalam Futsal

Pentingnya melatih fisik dalam olahraga futsal

Pentingnya melatih fisik dalam olahraga futsal

Setiap cabang olahraga sudah pasti menuntut para pelakunya memiliki kondisi fisik yang prima, tidak terkecuali olahraga futsal. Olahraga yang kadang disebut mini soccer ini memang terkenal dengan irama permainannya yang jauh lebih cepat ketimbang sepakbola konvensional. Hal tersebut otomatis menuntut kemampuan fisik yang luar biasa tinggi dari para pemainnya.

Tidak jarang bagi orang yang tidak rutin berolahraga, napas terasa seperi sudah mau abis ketika permainan baru berjalan kurang dari 10 menit. Bukan itu saja, hal ini bahkan bisa terjadi kepada yang terbiasa berolahraga. Bagi yang sudah terbiasa bermain sepakbola konvensional pun dijamin akan cepat lelah jika salah menerapkan irama bermainnya dalam pertandingan futsal.

Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak meremehkan persoalan fisik dalam kegiatan futsal ini. Teknik, strategi dan fisik merupakan trinitas yang tak bisa dipisahkan. Segitiga emas ini merupakan prinsip utama sekaligus menjadi jiwa dalam cabang olahraga futsal. Dalam latihan, ketiga hal tersebut pun harus dilatih secara seimbang pula. Jangan hanya demi memprioritaskan teknik, maka kita melupakan pentingnya latihan fisik.

Stereotip orang-orang terhadap latihan fisik memang terkadang berlebihan. Mindset orang-orang yang menggambarkan bahwa latihan fisik membutuhkan area khusus dengan fasilitas lengkap sungguh menyesatkan. Mengapa menyesatkan? Karena sebenarnya tanpa peralatan super canggih pun kita bisa melatih kemampuan fisik kita.

Latihan Fisik Simpel Untuk Futsal

Latihan fisik sederhana untuk meningkatkan ketahanan

Latihan fisik sederhana untuk meningkatkan ketahanan

Setiap orang terlahir dengan kondisi yang berbeda. Dari fakta tersebut  maka jelas bahwa setiap orang pun PASTI memiliki kemampuan fisik yang berbeda pula dan hal ini tentu dipengaruhi oleh banyak hal. Ada orang yang secara genetik  mempunyai kemampuan fisik di atas rata-rata, bahkan ada pula yang harus menempuh latihan keras supaya bisa menyentuh standar.

Berkaca dari hal tersebut, tentu kita menyadari jika sebaiknya kita mengenal sejauh mana kemampuan fisik kita. Apalagi dalam bermain futsal, ada berapa banyak kasus orang yang merenggang nyawa ketika sedang bermain futsal. Hal ini kebanyakan terjadi akibat mereka  terlalu memaksakan diri sedangkan kondisi fisik mereka sendiri tidaklah sekuat itu.

Cara Pengobatan Patah tulang dengan Minyak Kutus Kutus

  • Dibalur di sekitar bagian yang sakit (tulang kering)
  • Dibalur di sepanjang tulang punggu sampai dengan tulang ekor
  • Dibalur di kedua telapak kaki (kanan dan kiri)
  • Dibalur di kedua telapak tangan (kanan dan kiri)
Obat Sakit Tulang Alami Kutus Kutus

Cedera Patah Tulang sumber: kutuskutusbali.com

Demi kenyamanan kita semua dalam menikmati olahraga futsal, ada baiknya kita melatih fisik kita. Berikut cara-cara sederhana untuk melatih kondisi fisik kita:

Jogging

Berlari merupakan hal yang wajib dalam olahraga futsal. Tuntutan untuk terus bermanuver, menjaga maupun mengejar bola menjadi kewajiban setiap pemain futsal. Namun tempo permainan futsal yang terbilang sangat cepat ternyaata bisa menjadi bumerang tersendiri bagi fisik kita. Untuk itu, melatih ketahanan tubuh kita (endurance) dengan cara ber-jogging sangat disarankan.

Melakukan kegiatan jogging secara rutin terbukti mampu meningkatkan ketahanan fisik kita. Usahakan berlari minimal 30 menit nonstop ketika anda melakukan jogging. Tidak perlu melakukannya dengan kecepatan tinggi, karena jogging  memang dikhususkan untuk melatih endurance buka speed.

Skipping

Melakukan skipping (lompat tali) juga terbukti sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan fisik kita dalam bermain futsal. Cara ini menjadi masuk akal karena saat kita melakukan skipping, detak jantung pun meningkat secara otomatis. Hal tersebut berarti kita juga secara otomatis melakukan latihan cardio. Dan latihan cardio sangat penting dalam olahraga futsal.

Berenang

Berenang merupakan salah satu jenis kegiatan fisik dimana semua aspek dalam tubuh bekerja. Ditambah lagi, berenang merupakan kegiatan yang paling sedikit mengeluarkan keringat (atau bahkan tidak sama sekali). Sehingga perasaan tidak nyaman yang kita alami saat kita berkeringat pun bisa diminimalisir. Pergerakan semua otot ketika kita berenang sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan fisik kita untuk permainan futsal.

Itulah tips bagaimana melatih fisik secara sederhana. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Cara Pilih Sepatu Untuk Futsal

Tips Memilih Sepatu Futsal Yang Baik dan Benar

Sepatu dalam olahraga futsal itu bisa diibaratkan garam dalam sayur. Bukan bermain futsal rasanya jika tidak menggunakan sepatu futsal saat kita bermain futsal. Ya, sepatu memang salah satu elemen paling penting dalam permainan futsal. Namun kejadian di lapangan, ternyata masih banyak teman-teman futsal yang belum bisa memilih sepatu yang baik dan benar.

Pentingnya Sepatu Futsal

Pentingnya Sepatu dalam Bermain Futsal

Pentingnya Sepatu dalam Bermain Futsal

Pentingnya sepatu dalam olahraga futsal memang tidak bisa dipungkiri. Jika dalam bermain sepakbola konvensional orang-orang masih bisa bermain ‘nyeker’ atau tanpa alas kaki, dalam futsal sepertinya hal tersebut tidak berlaku. Bagaimana tidak? Mayoritas penyedia jasa sewa lapangan futsal tidak membolehkan penyewa untuk bermain tanpa alas kaki kan?

Belum lagi kalau kita bongkar dari segi permainan. Tunjuk tangan jika kalian bisa menendang  bola futsal (yang berat dan kerasnya itu melebihi bola sepak biasa) tanpa alas kaki. Bagi para pemula yang belum mengetahui teknik menendang bola futsal saja hal tersebut akan sangat mustahil biarpun mereka sudah memakai sepatu khusus futsal.

Berdasarkan hal-hal tersebut, maka tidak berlebihan jika kita menganggap bahwa sepatu merupakan salah satu elemen paling penting yang tidak bisa dipisahkan dari permainan futsal. Namun dalam pengaplikasiannya, ternyata masih banyak sekali yang masih belum memahami sepatu seperti apa yang layak untuk digunakan untuk bermain futsal.

Kebanyakan dari mereka yang belum paham ini (terutama bagi yang baru pertama kali bermain futsal) berpikiran jika sepatu olahraga apapun bisa digunakan untuk bermain futsal. Ya bukan pemikiran yang 100% salah, memang betul bisa dipaakai untuk bermain. Bukan berarti ketika kita ingin menggunakan sepatu kets di lapangan futsal, mendadak sepatu tersebut tak bisa dipakai.

Tetapi kan alangkah baiknya jika kita menggunakan sepatu yang khusus diproduksi untuk digunakan dalam situasi-situasi yang ditemukan saat kita bermain futsal seperti, lapangan yang kesat, bola yang lebih keras, dan sebagainya. Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara memilih sepatu yang baik untuk bermain futsal.

Cara Memilih Sepatu Untuk Bermain Futsal

Tips Memilih Sepatu Futsal Yang Baik dan Benar

Tips Memilih Sepatu Futsal Yang Baik dan Benar

Dan ketika berbicara soal sepatu untuk olahraga, sudah pasti mindset kita mengarah kalau bukan adidas ya nike. Dari pemikiran seperti itu akhirnya timbul pertanyaan semacam “eh, kalo sepatu bola bagusan nike apa adidas yah?” atau “adidas sama nike bagusan mana yah?”. Well, pemikiran seperti itu memang tak bisa disalahkan 100% juga sih, mengingat hal seperti itu udah berkembang cukup lama di masyarakat.

Lalu sebenarnya apa saja sih yang perlu kita perhatikan ketika memilih sepatu untuk bermain futsal? Berikut adalah hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam memilih sepatu untuk bermain futsal:

  • Budget – Dalam hal apapun, faktor budget biasanya selalu menjadi kendala utama. Terkadang segala sesuatu yang sudah kita rancang dengan matang harus kalah karena masalah budget. Begitu juga dalam hal memilih sepatu futsal ini, hal pertama yang perlu kita pertimbangkan sebelum kita membeli sepatu futsal adalah “Berapa budget yang kita miliki?”. Seratus ribu? Dua ratus ribu? Lima ratus ribu? Sebaiknya kita tentukan sejak awal.
  • Bahan – Untuk masalah bahan, banyak produsen sepatu futsal menawarkan bermacam bahan yang bisa jadi pertimbangan kalian dalam memilih sepatu untuk kalian bermain futsal. Untuk kalian yang masih baru memulai kegiatan futsal ini, disarankan untuk memilih bahan sintetis karena lebih terjangkau untuk urusan harga. Sedangkan jika kalian sudah berniat untuk go profesional di futsal, bahan leather/kulit bisa jadi pilihan karena lebih nyaman dan menyesuaikan dengan kontur kaki kita.
  • Sol – Yang tidak kalah penting adalah sol. Outsole sepatu futsal rata-rata memang berbentuk flat/rata dengan menggunakan material rubber atau karet untuk mencega slip saat kita berlari di lapangan futsal. Namun untuk kalian yang berniat bermain di lapangan dengan rumput sintetis, disarankan untuk memilh sepatu dengan outsole turf karena outsole rubber kurang berfungsi maksimal ketika bermain di lapangan rumput sintetis.
  • Fit – Dan yang paling terakhir dan paling pentingg (menurut saya) adalah fit dari sepatu itu sendiri. Setiap orang mempunyai bentuk dasar kaki yang bebeda-beda, ada yang memanjang ada yang melebar. Nah untuk kalian dengan bentuk telapak kaki memanjang, kalian bisa pilih sepatu dengan model slim fit yang cenderung ringan dan bagus buat lari serta dribble. Sedangkan untuk kalian dengan telapak kaki agak melebar, disarankan memilih sepatu dengan model wide fit, karena akan lebih aman dan nyaman untuk pijakan kaki kalian.

Itulah tips bagaimana memilih sepatu futsal yang baik. Jadi untuk urusan sepatu bukan hanya soal merk, tetapi  kenyamanan kaki, ketahanan sepatu dan kesejahteraan dompet lah yang menjadi faktor utama.

Empat Macam Lapangan Futsal

Lapangan Futsal dengan Rumput Sintetis

Pada awal masa terbentuknya, cabang olahraga futsal bisa dibilang merupakan terapan dari cabang olahraga sepakbola dengan sedikit modifikasi situasi. Pada saat itu sang penemu olahraga futsal, Juan Carlos Ceriani  memutuskan untuk memindahkan tempat latihan ke area indoor karena cuaca yang tidak bersahabat.

Sejak saat itu, berbagai pengembangan arena bermain futsal pun mulai dilakukan hingga melahirkan beberapa jenis dan macam lapangan futsal sampai pada saat ini. Berikut artikel ini akan membahas segala hal tentang lapangan yang layak digunakan untuk memainkan olahraga futsal.

Standar Lapangan Untuk Bermain Futsal

Lapangan jenis Vynil yang kerap dijadikan lapangan standar turnamen

Lapangan jenis Vynil yang kerap dijadikan lapangan standar turnamen

Lapangan dalam olahraga futsal tentu mempunyai kriteria dan standarisasi tersendiri. Memang karena futsal ini terinspirasi dari sepakbola, maka secara prinsip lapangan yang digunakan tidak akan jauh berbeda juga. Menggunakan lapangan berbentuk persegi panjang dengan masing-masing gawang di tiap sisinya.

Sekilas lapangan futsal juga memiliki garis-garis pembatas sebagai tanda seperti hal nya lapangan sepakbola. Namun karena diperuntukan bagi ukuran tempat yang tidak sebesar stadion sepakbola, maka pasti juga akan ada penyesuaian dalam garis batas atau tanda yang digunakan dalam lapangan futsal.

Dari sisi ukuran, tentu lapangan futsal juga punya standar nya tersendiri. Untuk lapangan futsal dengan kelas internasional setidaknya pada sisi lapangan memiliki panjang sekitar 38-42 meter, sedangkan untuk lebarnya sekitar 18-25 meter. Namun ukuran dalam lapangan futsal standard internasional tersebut tidaklah selalu menjadi patokan.

Pada tempat penyewaan lapangan futsal salah satu contohnya. Keterbatasan lahan yang dimiliki para pengusaha tempat sewa lapangan tersebut akhirnya membuat lapangan-lapangan yang ada di tempat tersebut hanya berukuran sekitar 25 meter untuk panjangnya dan 15 meter untuk lebar lapangannya.

Jenis Lapangan Futsal Berdasarkan Material

Lapangan Futsal dengan Rumput Sintetis

Lapangan Futsal dengan Rumput Sintetis

Hasil dari perkembangan teknologi dan jaman, lapangan yang digunakan untuk bermain futsal pun akhirnya mengalami perkembangan. Dari awalnya hanya menggungakan alas kayu (parquette) yang biasa digunakan dalam lapangan basket indoor, kini telah lahir berbagai macam jenis material yang digunakan untuk lapangan futsal. Berikut adalah jenis-jenis lapangan yang kerap digunakan baik itu dalam pertandingan biasa maupun turnamen-turnamen futsal:

  • Vinyl – Lapangan futsal jenis vinyl ini menggunakan bahan lapisan karet sebagai material utama nya. Lapangan berjenis vinyl sangat bagus untuk aliran bola dan juga pemain. Tingkat kerataan nya yang cukup tinggi serta tekstur lapangan yang terbilang cukup empuk, lapangan vinyl menjadi favorit para pemain yang gemar melakukan sliding maupun diving. Hanya saja, tingkat  ketahanan lapangan jenis vinyl tidak terlalu baik sebab dapat mengelupas jika digunakan dalam rentang waktu yan cukup lama.
  • Parquette – Mungkin kita akan lebih akrab jika menyebut istilah parquette ini dengan  ‘kayu’. Jenis material kayu seperti ini memang telah digunakan lebih dulu sebagai alas lapangan dalam Gelanggang Olah Raga (GOR). Parquette memiliki tingkat kekesatan yang sangat tinggi, sehingga kemungkinan pemain terpeleset sangat kecil. dan juga dari sisi kerataan nya, material parquette ini memiliki efek yang bagus bagi laju bola. Kekurangan lapangan jenis parquette adalah membutuhkan perawatan ekstra. Jika tidak, maka sekat-sekat sambungan akan mengelupas dan terangkat. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi pemain.
  • Rumput Sintetis – Material rumput sintetis yang digunakan pada lapangan jenis ini membuat bola menjadi lebih mudah dikontrol dan juga aman saat ada pemain yang terjatuh. Namun apabila tergesek/terseret, resiko luka pada pemain juga lebih besar mengingat ujung pada rumput sintetis sedikit lebih tajam dibanding rumput asli. Dan juga pada hakikatnya lapangan dengan material rumput sintetis semacam ini tidak dipergunakan dalam turnamen resmi, melainkan hanya untuk hiburan (indoor soccer).
  • Semen – Yang terakhir adalah lapangan dengan material semen. Ini adalah material yang paling banyak digunakan oleh penyedia jasa sewa tempat futsal. Kerataan yang cukup baik dan juga biaya pembuatan yang tidak terlalu tinggi menjadi alasan mengapa pengusaha lapangan futsal memilih material jenis ini. Namun permukaan semen yang cukup keras juga bisa menjai resiko bagi pemain yang terjatuh saat bermain.

Itulah kira-kira jenis lapangan futsal dengan kelebihan dan kekurangannya yang biasa digunakan baik itu untuk permainan biasa maupun turnamen.

5 Sepatu Futsal Cewek Terbaik 2017

5 Sepatu Futsal Cewek Terbaik 2017

Seperti hal nya dengan sepakbola yang tidak mengenal batas gender, demam futsal pun kini tidak hanya menjangkit para laki-laki melainkan juga kaum hawa. Fenomena ini juga diperkuat usai Tim Futsal Wanita , Jaya Kencana Angels menjuarai Piala Antarklub Futsal AFF 2016.

Fenomena Futsal Wanita

Jaya Kencana Angles, Tim Futsal Wanita asal Indonesia Juara Piala Antarklub Futsal AFF 2016

Jaya Kencana Angles, Tim Futsal Wanita asal Indonesia Juara Piala Antarklub Futsal AFF 2016

Keberhasilan Citra Adisti cs. dalam membawa klub Jaya Kencana Angels meraih gelar juara  Piala Antarklub Futsal AFF pada tahun 2016 lalu menjadi bukti bahwa kaum hawa juga mampu berprestasi dalam cabang olahraga futsal yang dalam stereotip masyarakat kerap didominasi kaum pria.

Melihat fenomena ini, para produsen sepatu sepakbola dan futsal pun akhirnya berlomba-lomba untuk memproduksi Sepatu Futsal Wanita yang tak hanya fungsional namun juga modis. Dua apparel olahraga teratas, Adidas dan Nike pun menjawab kebutuhan pasar dalam hal produksi sepatu futsal khusus wanita ini.

Mengapa khusus? Ya tentu saja karena secara fisiologis pria dan wanita memiliki bentuk dan struktur kaki yang berbeda (disamping ukuran yang mana kaki wanita lebih kecil dibanding pria). Oleh karena itu bagi anda wanita yang mulai tertarik untuk menekuni olahraga futsal, ada baiknya jika anda mengetahui sepatu futsal terbaik yang diproduksi khusus untuk wanita.

 Top 5 Sepatu Futsal for Women

5 Sepatu Futsal Cewek Terbaik 2017

5 Sepatu Futsal Cewek Terbaik 2017

Sama hal nya seperti Sepatu Futsal Pria, Sepatu Futsal Khusus Wanita ini pun juga memiliki klasifikasi kelas berdasarkan material, karakter dan juga harga. Berikut adalah Review Lima Terbaik Sepatu Futsal Wanita 2017 :

  • Adidas Performance X 15.4 – Hadir dengan warna cerah, Adidas memilih bahan sintetis untuk sepatu futsal/sepakbola indoor khusus wanita kali ini. Karet pada bagian sole dirancang untuk grip yang kuat, kecepatan dan juga sangat berguna bagi pemain yang sering melakukan turn mendadak. Seluruh bagian sepatu hadir dengan bahan sintetis membuat sepatu ini mudah mudah untuk dibersihkan. Selain itu, pilihan warna nya yang colorful cocok sekali berpadu dengan kaki mulus para pemain wanita.
  • Adidas Performance Ace 16.4  – Meski berasal dari brand yang sama, untuk seri Ace ini Adidas menawarkan sepatu berbahan ringan yang sangat cocok untuk pemain dengan gaya permainan cepat dan lincah. Semua adalah karena desain sepatu yang memiliki bagian collar yang cukup fit in di kaki. Dan seperti hal nya seri Performaance X 15.4, warna sepatu yang ‘cewek banget’ ini juga menjadi nilai tambah Adidas Performance Ace di mata para wanita.
  • Puma Evospeed 4.4 – Menempel Adidas, kali ini Puma berhasil mengalahkan Nike sebagai rival abadi produsen sepatu asal Jerman tersebut. Varian Evospeed keluaran Puma ini menawarkan kestabilan bagi pemain untuk bermanuver. Selain itu, heel cup, busa insole tipis serta non-marking rubber outsole nya juga menjadi nilai plus bagi sepatu ini yang menjadikannya kuat namun tetap ringan. Sesuai dengan karakter kaki wanita.
  • Adidas Predito Instinct – Predito mengaplikasikan karet outsole yang memberikan traksi yang lebih lebih baik. Material ini sangat berguna dalam pertandingan futsal mengingat turning yang cepat dan terus menerus memang menjadi karakteristik permainan ini. Yang menjadikan sepatu ini populer di kalangan pemain wanita adalah desain lace-up yang menyesuaikan bentuk kaki. Selain memberikan kenyamanan dalam bermain, ini juga disebut dapat mencegah kaki terasa nyeri usai bermain.
  • Puma Evospeed 4.4 IT – Merupakan versi murah dari Evospeed 4.4, memiliki material yang sama, Evospeed 4.4 dan Evospeed 4.4 IT hanya memiliki perbedaan pada bagian upper, dimana pada model IT ini, struktur tali lebih menjorok ke atas. Selain itu dari finishing terlihat Evospeed 4.4 IT tidak lebih terlihat mewah jika dibanding sang kakak. Namun dari segi harga, seri IT ini tentu lebih murah dan affordable bagi kalian dengan budget tipis.

Nah, jadi itu dia Sepatu Futsal Khusus Wanita Terbaik tahun ini. Tertarik untuk membeli satu?

Demam Futsal di Indonesia

Popularitas futsal di Indonesia mengalahkan Sepakbola

Futsal, pamor olahraga yang satu ini tampaknya terlihat cukup tinggi di Indonesia. Bisa dibilang kepopuleran futsal di Indonesia -khususnya Ibukota Jakarta- hampir mengalahkan Sepakbola yang merupakan akar dari permainan futsal itu sendiri.

Opini ini bukanlah tanpa alasan, jika kalian tidak percaya kalian bisa langsung pergi ke lapangan futsal terdekat dan coba untuk menyewa lapangan untuk saat ini juga. Sebuah kebetulan yang sangat langka jika anda bisa langsung menyewa lapangan begitu anda datang tanpa mem-booking terlebih dahulu.

Sejarah Ditemukannya Futsal

Falcao, ikon futsal dunia asal Brasil

Falcao, ikon futsal dunia asal Brasil

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana awal mula tren olahraga futsal bisa menjangkit sebagian masyarakat Indonesia, ada baiknya jika kita sedikit mencari tau bagaimana permainan futsal ini bisa ditemukan. Saya bisa bertaruh jika mayoritas penikmat olahraga futsal belum tentu mengetahui asal muasal olahraga favorit mereka ditemukan.

Montevideo, Uruguay – 1930, Pelatih tim nasional Uruguay, Juan Carlos Ceriani mulai memperkenalkan olahraga ini. Berawal dari hujan deras yang mengguyur lapangan tempat dirinya biasa melatih. Ceriani pun mengambil inisiatif untuk menggelar latihan di dalam ruangan (in door).

Ide tersebut pun mendapat antusias tidak hanya dari para pemain, namun juga warga Montevideo yang tertarik untuk menyaksikan sepakbola dalam ruangan tersebut. Awalnya Ceriani menggunakan 11 pemain sama seperti sepakbola pada umumnya. Namun karena terlalu sempit akhirnya dikurangi menjadi 5 orang saja. Sejak saat itulah tren futsal mulai menyebar di seantero Amerika Selatan.

Pada Tahun 1965, Turnamen Internasional Futsal pertama diadakan dalam judul Piala Amerika Selatan dan Paraguay berhasil menjuarai turnamen perdana. Turnamen Piala Amerika Selatan berikutnya pun akhirnya diselenggarakan hingga tahun 1984 dengan Brasil mendominasi sebagai pemegang trofi terbanyak saat itu.

Brasil membuktikan eksistensi mereka di dunia Futsal dengan mendominasi Kejuaraan Dunia Futsal yang diadakan oleh FIFUSA (sebelum melebur menjadi FIFA pada 1989) dari mulai turnamen perdana di Sao Paulo, Brasil pada tahun 1982 hingga tahun 1985 di Spanyol. Sempat ingin melanjutkan kejayaannya pada 1988, Brasil harus mengakui kehebatan Paraguay di final dalam turnamen yang diadakan di Australia tersebut.

Semakin mendunia dan terorganisirnya Olahraga Futsal, FIFA pun tertarik untuk memasukkan futsal secara resmi menjadi bagian dari cabang olahraga sepakbola pada 1989. Setelah itu FIFA pun mengambil alih penyelenggaraan turnamen futsal sedunia yang direncanakan untuk digelar di Belanda. Dengan terlalu mendominasinya Brasil dalam kejuaraan dunia ini, akhirnya FIFA mengubah jadwal turnamen ini jadi empat tahun sekali.

Masuknya Futsal di Indonesia

Popularitas futsal di Indonesia mengalahkan Sepakbola

Popularitas futsal di Indonesia mengalahkan Sepakbola

Meskipun sejak era 1998-1999 futsal sudah mulai masuk ke Indonesia, sejarah futsal di tanah air bermula secara resmi pada 2002. Saat itu AFC (Asian Football Confederation) menunjuk Jakarta sebagai kota tempat digelarnya putaran final kejuaraan futsal se-asia pada 22-30 Oktober 2002. Kejuaraan ini ternyata merupakan kali ke-4 AFC menggelar turnamen futsal tingkat asia sejak 1999 dimana Malaysia menjadi tuan rumah kala itu.

Gelanggang Olahraga Istora Senayan, Jakarta merupakan satu-satunya tempat yang menggelar seluruh pertandingan pada waktu itu. Dan dalam kejuaraan yang berhasil dimenangkan Iran ini, tuan rumah Indonesia justru hanya mampu memetik hasil sekali kemenangan, sekali seri dan dua kekalahan dari total 4 pertandingan yang menyebabkan timnas garuda tak lolos pada babak penyisihan grup.

Bicara tentang tim naisional tentu tak bisa lepas yang namanya seorang pelatih. Justinus Lhaksana, yap pria kelahiran 28 Juli 1967 ini memang dikenal sebagai sosok yang memperkenalkan cabang olahraga Futsal ke Indonesia. Pria yang sempat tinggal di Belanda ini mengambl peran sebagai pelatih timnas futsal Indonesia dari tahun 2004 hingga 2007.

Tinggal di Belanda selama 15 tahun, Justinus Lhaksana berhasil mendapatkan sertifikat kepelatihan futsal dari KNVB (Asosiasi Sepakbola Belanda). Tidak hanya itu, beliau juga pernah melatih klub divisi utama negeri kincir angin tersebut. Selama masa kepemimpinannya, Justin berhasil membawa timnas menyumbangkan medali perunggu pada SEA GAMES 2007 yang digelar di Thailand waktu itu. Dalam turnamen tersebut, timnas sukses menlibas Laos dengan skor fantastis 11 – 1.

Sekarang kita semua sudah tau Sejarah Futsal di Indonesia, terus kapan kita mulai main?